Langsung ke konten utama

Evaluasi Tengah Semester MPPL D

Soal


  • Buatlah TOR/KAK proyek dan tentukan ruang lingkup proyek
  • Sebutkan proses-proses dalam manajemen proyek sehingga proyek tersebut bisa selesai.
    • Konsepsi
      • Inisiasi: tahapan permulaan ketika Biro TI memberikan mandat kepada manajer proyek
      • Analisis Kelayakan: analisis tentang ketersediaan dan persediaan akan keunggulan dan kelemahan sistem layanan TI
    • Perencanaan
      • Jadwal: penjadwalan langkah-langkah pekerjaan
      • Anggaran: menentukan hasil akhir anggaran
      • Sumber Daya: mencatat semua sumber daya yang diperlukan
      • Risiko: mencatat risiko-risiko yang berkemungkinan terjadi dalam pengerjaan maupun pada saat aplikasi tersebut launching
      • Staffing: pembagian pekerjaan dari manajer proyek ke para staff (developer)
    • Eksekusi
      • Laporan Status: status pengerjaan proyek sistem tersebut
      • Perubahan: perubahan sesuai resource atau permintaan dari klien (Biro TI)
      • Kualitas: uji kualitas (testing) sistem tersebut
      • Forecasts: perkiraan masalah yang akan terjadi di masa mendatang
    • Operasi
      • Training Customer: pelatihan penggunaan sistem ke klien (Biro TI)
      • Transfer Document: mentransfer dokumen-dokumen yang diperlukan ke sistem (data pengguna maupun biro TI, dan keluhan-keluhan yang tercatat sebelum adanya sistem layanan TI)
      • Penugasan kembali staff
      • Lesson Learned: evaluasi
  • Penerapan manajemen proyek memberikan beberapa keuntungan, sebutkan.
    • Mengidentifikasi batas waktu untuk penjadwalan
    • Mengidentifikasi masalah dini & tindakan perbaikan
    • Mengetahui jika sasaran tidak dapat dicapai/terlampaui
    • Koordinasi yang lebih baik.
    • Kualitas lebih tinggi & meningkatnya reliabilitas.
  • Modul/fitur apa saja yang akan diimplementasikan untuk proyek di atas?
    • Umum:
      • Autentikasi (login).
      • Fitur chat antara pelapor dan pemroses keluhan.
    • Pengguna (pelapor keluhan):
      • Membuat keluhan
      • Mengisi detail keluhan
      • Mengirim keluhan
      • Menghubungi pemroses keluhan apabila status keluhan sedang diproses
      • Mengecek status keluhan
    • Biro TI (pemroses keluhan):
      • Memproses keluhan
      • Menghubungi pelapor keluhan
      • Mengisi detail penyelesaian keluhan
      • Mengubah status keluhan (belum terselesaikan, terselesaikan)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DFD dan ERD Rental Mobil

DFD Sistem Informasi Rental Mobil DFD level 0 Konteks Diagram Sistem Informasi Rental Mobil DFD level 1 Sistem Informasi Rental Mobil ERD Rental Mobil
Sistem Pemesanan Go-Food  Flow Buka aplikasi GO-JEK pada smartphone Anda, lalu pilih GO-FOOD. Setelah itu, pilih lokasi  Terdekat .  Sebenarnya tidak harus lokasi terdekat, Anda bebas menentukan pilihan. Selanjutnya tentukan resto yang Anda inginkan.  Langkah berikutnya adalah pilih makanan atau minuman yang Anda inginkan, tentukan juga jumlah yang akan dipesan. Sebelum klik pesan, pastikan bahwa jumlah dan menu sesuai keinginan. Pada bagian ini Anda juga bisa menambahkan keterangan atau  cacatan tambahan , misalnya berapa level pedas yang Anda inginkan. Setelah itu akhiri dengan klik  Pesan.   Selanjutnya akan ada pilihan metode pembayaran, menggunakan GO-PAY atau Tunai Berikutnya tunggu sampai sistem GO-JEK mencarikan driver untuk Anda. Setelah dapat, biasanya driver akan menelpon Anda untuk mengonfirmasi pesanan. Jika ingin menambah pesanan diluar yang telah Anda pesan sebelumnya maka Anda pun bisa pesan GO-FOOD manual melalui tele...

Manajemen Biaya [MPPL]

Cost Estimating Cost Budgeting Cost Control Proses dalam pengendalian biaya termasuk  Monitoring kinerja pembiayaan.  Meyakinkan bahwa hanya perubahan yang tepat yang termasuk dalam baseline biaya yang direvisi. Memberikan informasi pada stakeholders bahwa perubahan dapat mengakibatkan perubahan biaya pula.