Soal
- Buatlah TOR/KAK proyek dan tentukan ruang lingkup proyek
- Sebutkan proses-proses dalam manajemen proyek sehingga proyek tersebut bisa selesai.
- Konsepsi
- Inisiasi: tahapan permulaan ketika Biro TI memberikan mandat kepada manajer proyek
- Analisis Kelayakan: analisis tentang ketersediaan dan persediaan akan keunggulan dan kelemahan sistem layanan TI
- Perencanaan
- Jadwal: penjadwalan langkah-langkah pekerjaan
- Anggaran: menentukan hasil akhir anggaran
- Sumber Daya: mencatat semua sumber daya yang diperlukan
- Risiko: mencatat risiko-risiko yang berkemungkinan terjadi dalam pengerjaan maupun pada saat aplikasi tersebut launching
- Staffing: pembagian pekerjaan dari manajer proyek ke para staff (developer)
- Eksekusi
- Laporan Status: status pengerjaan proyek sistem tersebut
- Perubahan: perubahan sesuai resource atau permintaan dari klien (Biro TI)
- Kualitas: uji kualitas (testing) sistem tersebut
- Forecasts: perkiraan masalah yang akan terjadi di masa mendatang
- Operasi
- Training Customer: pelatihan penggunaan sistem ke klien (Biro TI)
- Transfer Document: mentransfer dokumen-dokumen yang diperlukan ke sistem (data pengguna maupun biro TI, dan keluhan-keluhan yang tercatat sebelum adanya sistem layanan TI)
- Penugasan kembali staff
- Lesson Learned: evaluasi
- Penerapan manajemen proyek memberikan beberapa keuntungan, sebutkan.
- Mengidentifikasi batas waktu untuk penjadwalan
- Mengidentifikasi masalah dini & tindakan perbaikan
- Mengetahui jika sasaran tidak dapat dicapai/terlampaui
- Koordinasi yang lebih baik.
- Kualitas lebih tinggi & meningkatnya reliabilitas.
- Modul/fitur apa saja yang akan diimplementasikan untuk proyek di atas?
- Umum:
- Autentikasi (login).
- Fitur chat antara pelapor dan pemroses keluhan.
- Pengguna (pelapor keluhan):
- Membuat keluhan
- Mengisi detail keluhan
- Mengirim keluhan
- Menghubungi pemroses keluhan apabila status keluhan sedang diproses
- Mengecek status keluhan
- Biro TI (pemroses keluhan):
- Memproses keluhan
- Menghubungi pelapor keluhan
- Mengisi detail penyelesaian keluhan
- Mengubah status keluhan (belum terselesaikan, terselesaikan)
- Konsepsi
- Inisiasi: tahapan permulaan ketika Biro TI memberikan mandat kepada manajer proyek
- Analisis Kelayakan: analisis tentang ketersediaan dan persediaan akan keunggulan dan kelemahan sistem layanan TI
- Perencanaan
- Jadwal: penjadwalan langkah-langkah pekerjaan
- Anggaran: menentukan hasil akhir anggaran
- Sumber Daya: mencatat semua sumber daya yang diperlukan
- Risiko: mencatat risiko-risiko yang berkemungkinan terjadi dalam pengerjaan maupun pada saat aplikasi tersebut launching
- Staffing: pembagian pekerjaan dari manajer proyek ke para staff (developer)
- Eksekusi
- Laporan Status: status pengerjaan proyek sistem tersebut
- Perubahan: perubahan sesuai resource atau permintaan dari klien (Biro TI)
- Kualitas: uji kualitas (testing) sistem tersebut
- Forecasts: perkiraan masalah yang akan terjadi di masa mendatang
- Operasi
- Training Customer: pelatihan penggunaan sistem ke klien (Biro TI)
- Transfer Document: mentransfer dokumen-dokumen yang diperlukan ke sistem (data pengguna maupun biro TI, dan keluhan-keluhan yang tercatat sebelum adanya sistem layanan TI)
- Penugasan kembali staff
- Lesson Learned: evaluasi
- Mengidentifikasi batas waktu untuk penjadwalan
- Mengidentifikasi masalah dini & tindakan perbaikan
- Mengetahui jika sasaran tidak dapat dicapai/terlampaui
- Koordinasi yang lebih baik.
- Kualitas lebih tinggi & meningkatnya reliabilitas.
- Umum:
- Autentikasi (login).
- Fitur chat antara pelapor dan pemroses keluhan.
- Pengguna (pelapor keluhan):
- Membuat keluhan
- Mengisi detail keluhan
- Mengirim keluhan
- Menghubungi pemroses keluhan apabila status keluhan sedang diproses
- Mengecek status keluhan
- Biro TI (pemroses keluhan):
- Memproses keluhan
- Menghubungi pelapor keluhan
- Mengisi detail penyelesaian keluhan
- Mengubah status keluhan (belum terselesaikan, terselesaikan)
Komentar
Posting Komentar